EBOOK PENDIDIKAN KARAKTER

PENDIDIKAN KARAKTER

Apa Itu Karakter?

Dennis Coon dalam bukunya Introduction to Psychology : Exploration and Aplication mendefinisikan karakter sebagai suatu penilaian subyektif terhadap kepribadian seseorang yang berkaitan dengan atribut kepribadian yang dapat atau tidak dapat diterima oleh masyarakat. Karakter adalah jawaban mutlak untuk menciptakan kehidupan yang lebih baik didalam masyarakat.

 Dapat dikatakan pendidikan merupakan salah satu pembentuk pondasi bagi tumbuh dan berkembangnya seorang anak untuk memperoleh masa depan yang lebih baik. Sebagai buah hati, maka dengan penuh rasa kasih saying pada orang tua rela berkorban demi anaknya, karena masa depan anak juga merupakan masa depan orang tua. Keberhasilan ataupun kegagalan tanggung jawab orang tua terhadap anaknya akan terlihat dari perasaan hatinya manakala menyaksikan kehidupan anaknya ketika dewasa. Pada hakikatnya masa depan anak juga merupakan masa depan bangsa dan Negara.
Berbagai macam kurikulum telah dipergunakan dinegara Indonesia tercinta ini yang tidak lain adalah untuk tercapainya tujuan – tujuan pendidikan yang teramanatkan dalam UUD 1945 pada umumnya dan pada khususnya dalam perundang – undangan pendidikan yang telah dibuat oleh pemerintah.
Mulai dari kurikulum 1975 kemudian dilanjutkan dengan kurikulum 1984, setelah itu diteruskan dengan penggunaan kurikulum 1994 itu yang dikenal dengan kurikulum 1999 (suplemen kurikulum sebelumnya). Perjalanan kurikulum pendidikan Indonesia tidak hanya cukup sampai disini. Pemformatan ulang terjadi lagi pada tahun 2004 yang menitik beratkan pada pengolahan bakat anak sesuai kompetensi masing – masing. Kurikulum ini dinamai dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). Pada kurikulum ini pemerintah mulai memberi angin segar pada peserta didik. Mengapa ? karena kurikulum sebelumnya menerapkan penekanan pada aspek kognitif saja, telah bergeser pada tiga aspek yaitu kognitif (pikiran) afektif (perasaan ) dan terakhir psikomotorik (keterampilan) jadi pada kurikulum ini pemerintah mulai mencoba untuk peserta didik menjadi manusia seutuhnya melalui tiga aspek tersebut dan yang terpenting adalah sesuai dengan bakat dan kompetensi masing – masing. Dan setelah itu dikembangkan lagi menjadi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sekarang menjadi kurikulum lembaga masing – masing.
Demikan panjangnya perjalanan kurikulum pendidikan kita menilik Undang – Undang Sisdiknas No. 20 tahun 2003 pasal 3 “Pendidikan nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab” maka kita dapat memahami bahwa tujuan utama pendidikan adalah berbentuk insan yang beriman dan berakhalak mulia.


dari pada lama silahkan langsung donload bukunya dengan cara klikjudul dibawah ini :



By. SDN Pakis





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mohon maaf ne kalau mau keluar bilang dulu ibarat kate pamitan ngasih komentar ocre

Pages